HISTORY BAND KOTAK

The Band
Kotak Band dibesut dari ajang pencarian bakat yang diadakan pada tanggal 27 September 2004. Salah seorang personel Kahitna yang bernama Doddy saat itu melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis. Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari ratusan musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi yang  terpilih itu kemudian dibagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan Lima yang personelnya lima orang. Nama Kotak memiliki arti sebagai sebuah bangun yang terdiri dari empat titik yang dihubungkan oleh garis yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat personil yang memiliki karakteristik berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.
Formasi awal Kotak Band adalah Mario Marcella Handika Putra atau Cella (gitaris), Pare (vokalis), Icez (bassist) dan Posan Tobing (Posan) (drummer). Dua tahun kemudian Pare dan Icez mengundurkan diri dari Kotak. Mereka digantikan oleh Tantri Syalindri Ichlasari (Tantri) sebagai vokalis dan Swasti Sabdastantri (Chua) sebagai bassist. Dengan penggantian posisi ini nama Kotak semakin melejit di dunia musik tanah air dan menjadi salah satu band rock ternama yang terbukti dari penjualan Ring Back Tone (RBT) yang sangat fenomenal dengan jutaan downloads serta tawaran tour ke berbagai kota di Indonesia bahkan beberapa kota di Asia, Eropa bahkan Amerika Serikat.
Pada tanggal 8 Maret 2011, Posan keluar dari band Kotak. Posan yang sudah bersama Kotak selama tujuh tahun itu resmi meninggalkan Kotak, namun hengkangnya Posan dari Kotak tidak menyusutkan semangat Cella, Tantri dan Chua untuk terus berkarya di belantika musik tanah air. Kotak semakin berkibar di blantika musik Indonesia dan di tahun 2011 itu juga, band yang berada di bawah naungan Warner Music Indonesia ini menambahkan empat buah lagu pada album "Energi - Repacked"  dengan single utama "Tendangan Dari Langit" sebagai soundtrack film layar lebar dengan judul yang sama. Tahun 2012 mereka mengeluarkan album the best "Terbaik" yang khusus dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia dan album ini memuat sembilan single pilihan dari dua album studio sebelumnya, ditambah empat lagu baru "Hijaukan Bumi", "I Love You", "Kecuali Kamu" dan "Jet Lag".
Kotak akan terus berkarya di kancah musik Indonesia bahkan International dan predikat sebagai salah satu legenda musik Indonesia telah melekat dan menjadi bukti nama besar Kotak di rancah musik Indonesia.

The Achievements & Awards
Fenomena Kotak tidak hanya ditunjukkan dengan penjualan album yang fantastis tapi juga disertai dengan memperoleh berbagai penghargaan di berbagai ajang penghargaan musik di Indonesia, diantaranya pada Anugerah Musik Indonesia ke 12 mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik serta album "Kotak Kedua"  juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik. Kotak juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM), penghargaan MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrough Artist dan Kotak juga telah merambah pasar musik Malaysia bahkan mereka pernah kolaborasi bersama band International dari Canada Simple Plan di hits single berjudul "Jet Lag".
Beberapa penghargaan yang telah mereka raih diantaranya :
  • Anugerah Planet Muzik 2009, 2010 - Duo/Band Pendatang Baru Terbaik; Album Terbaik
  • AMI Awards 2009, 2010, 2011, 2012 - Artis Solo/Duo/Kolaborasi/Grup Rock Terbaik; Pop Terbaik; Album Terbaik; Penampilan Duo/Group Terbaik
  • MTV Awards 2009 - Most Favourite Breakhtrought Artist (Indonesia)
  • INBOX Awards 2011 - Adegan Video Klip Paling Seru
  • SCTV Music Awards 2011, 2013 - Pemain Bass Favorit: Chua Kotak
TWITTER

Artist Booking & Inquiries
Warner Music Indonesia
c/o : Aldi Novianto
artist_mgmt@warnermusic.co.id

Gedung Alia Lantai 6
Jl. MI. Ridwan Rais No. 10-18 Jakarta Pusat 10110
Tel: +62.21.3867626.
Fax: +62.21.3867606/07/08.
OFFICIAL WEBSITE :  www.kotakbandrock.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama